kecilkan semua  

Teks -- Ayub 9:1-35 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Jawab Ayub: Tidak seorangpun dapat bertahan di hadapan Allah
9:1 Tetapi Ayub menjawab: 9:2 "Sungguh, aku tahu, bahwa demikianlah halnya, masakan manusia benar di hadapan Allah? 9:3 Jikalau ia ingin beperkara dengan Allah satu dari seribu kali ia tidak dapat membantah-Nya. 9:4 Allah itu bijak dan kuat, siapakah dapat berkeras melawan Dia, dan tetap selamat? 9:5 Dialah yang memindahkan gunung-gunung dengan tidak diketahui orang, yang membongkar-bangkirkannya dalam murka-Nya; 9:6 yang menggeserkan bumi dari tempatnya, sehingga tiangnya bergoyang-goyang; 9:7 yang memberi perintah kepada matahari, sehingga tidak terbit, dan mengurung bintang-bintang dengan meterai; 9:8 yang seorang diri membentangkan langit, dan melangkah di atas gelombang-gelombang laut; 9:9 yang menjadikan bintang Biduk, bintang Belantik, bintang Kartika, dan gugusan-gugusan bintang Ruang Selatan; 9:10 yang melakukan perbuatan-perbuatan besar yang tidak terduga, dan keajaiban-keajaiban yang tidak terbilang banyaknya. 9:11 Apabila Ia melewati aku, aku tidak melihat-Nya, dan bila Ia lalu, aku tidak mengetahui. 9:12 Apabila Ia merampas, siapa akan menghalangi-Nya? Siapa akan menegur-Nya: Apa yang Kaulakukan? 9:13 Allah tidak menahani murka-Nya, di bawah kuasa-Nya para pembantu Rahab membungkuk; 9:14 lebih-lebih aku, bagaimana aku dapat membantah Dia, memilih kata-kataku di hadapan Dia? 9:15 Walaupun aku benar, aku tidak mungkin membantah Dia, malah aku harus memohon belas kasihan kepada yang mendakwa aku. 9:16 Bila aku berseru, Ia menjawab; aku tidak dapat percaya, bahwa Ia sudi mendengarkan suaraku; 9:17 Dialah yang meremukkan aku dalam angin ribut, yang memperbanyak lukaku dengan tidak semena-mena, 9:18 yang tidak membiarkan aku bernafas, tetapi mengenyangkan aku dengan kepahitan. 9:19 Jika mengenai kekuatan tenaga, Dialah yang mempunyai! Jika mengenai keadilan, siapa dapat menggugat Dia? 9:20 Sekalipun aku benar, mulutku sendiri akan menyatakan aku tidak benar; sekalipun aku tidak bersalah, Ia akan menyatakan aku bersalah. 9:21 Aku tidak bersalah! Aku tidak pedulikan diriku, aku tidak hiraukan hidupku! 9:22 Semuanya itu sama saja, itulah sebabnya aku berkata: yang tidak bersalah dan yang bersalah kedua-duanya dibinasakan-Nya. 9:23 Bila cemeti-Nya membunuh dengan tiba-tiba, Ia mengolok-olok keputusasaan orang yang tidak bersalah. 9:24 Bumi telah diserahkan ke dalam tangan orang fasik, dan mata para hakimnya telah ditutup-Nya; kalau bukan oleh Dia, oleh siapa lagi? 9:25 Hari-hariku berlalu lebih cepat dari pada seorang pelari, lenyap tanpa melihat bahagia, 9:26 meluncur lewat laksana perahu dari pandan, seperti rajawali yang menyambar mangsanya. 9:27 Bila aku berpikir: Aku hendak melupakan keluh kesahku, mengubah air mukaku, dan bergembira, 9:28 maka takutlah aku kepada segala kesusahanku; aku tahu, bahwa Engkau tidak akan menganggap aku tidak bersalah. 9:29 Aku dinyatakan bersalah, apa gunanya aku menyusahkan diri dengan sia-sia? 9:30 Walaupun aku membasuh diriku dengan salju dan mencuci tanganku dengan sabun, 9:31 namun Engkau akan membenamkan aku dalam lumpur, sehingga pakaianku merasa jijik terhadap aku. 9:32 Karena Dia bukan manusia seperti aku, sehingga aku dapat menjawab-Nya: Mari bersama-sama menghadap pengadilan. 9:33 Tidak ada wasit di antara kami, yang dapat memegang kami berdua! 9:34 Biarlah Ia menyingkirkan pentung-Nya dari padaku, jangan aku ditimpa kegentaran terhadap Dia, 9:35 maka aku akan berbicara tanpa rasa takut terhadap Dia, karena aku tidak menyadari kesalahanku."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Ayub a man whose story is told in the book of Job,a man from the land of Uz in Edom
 · bintang Belantik a constellation of stars
 · bintang Biduk a constellation
 · bintang Kartika a constellation of stars
 · Rahab a woman inkeeper in Jericho who hid two Hebrew spies; ancester of Boaz and of Jesus,an English name representing two different Hebrew names,as representing the Hebrew name 'Rahab',poetic synonym for Egypt and or the exodus (IBD),the mythical monster of chaos, mainly to do with an unruly sea,as representing the Hebrew name 'Raxab', which has a velar fricative in the middle.,a woman of Jericho; wife of Salmon (Matt. 1:5)


Topik/Tema Kamus: Ayub | Benar, Membenarkan Diri Sendiri | Benar Kebenaran Di Hadapan Allah | Bintang | Hidup | Suci, Penyucian Atau Baptisan | Kuasa Allah | Ampun, Pengampunan | Dosa | Gempa Bumi | Matahari | Marah, Kemarahan Tuhan Allah | Meterai | Manusia | Orang Yang Bepergian Atau Pelancong | Kartika | Sempurna, Kesempurnaan | Rajawali | Hukum, Penghukuman | Bumi | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ayb 9:2 - BENAR DI HADAPAN ALLAH. Nas : Ayub 9:2 Dalam pasal Ayub 9:1-35 Ayub mengakui bahwa dia tidak mungkin benar secara sempurna di hadapan Allah. Ia mengerti bahwa pada dasarny...

Nas : Ayub 9:2

Dalam pasal Ayub 9:1-35 Ayub mengakui bahwa dia tidak mungkin benar secara sempurna di hadapan Allah. Ia mengerti bahwa pada dasarnya ia cenderung kepada keakuan dan dosa sehingga tidak tanpa cacat di hadapan Allah (bd. Ayub 7:21). Namun, dengan segenap hati dan jiwanya ia telah melawan kejahatan dan berbalik daripadanya (Ayub 1:1,8; 2:3); ia yakin bahwa dirinya tidak melakukan dosa besar sehingga tidak patut menderita sehebat itu (Ayub 6:24; 7:20). Jadi, Ayub mengeluh bahwa Allah telah menghukum dirinya tanpa alasan (ayat Ayub 9:16-20). Sekalipun demikian, imannya tetap kokoh, karena ia terus berseru kepada-Nya (lih. Ayub 10:2,8-12; bd. Yak 5:11). Ia tidak mengutuk Allah sebagaimana diperkirakan Iblis (Ayub 1:11; 2:5), sekalipun ia mengeluarkan kata-kata yang kemudian disesalinya (ayat Ayub 9:17,20,22-23,30-31; 42:3-6).

Full Life: Ayb 9:17 - MEMPERBANYAK LUKAKU DENGAN TIDAK SEMENA-MENA. Nas : Ayub 9:17 Hal yang paling sulit bagi Ayub untuk diterima ialah bahwa Allah tetap diam di tengah-tengah situasi menyakitkan yang tampaknya tan...

Nas : Ayub 9:17

Hal yang paling sulit bagi Ayub untuk diterima ialah bahwa Allah tetap diam di tengah-tengah situasi menyakitkan yang tampaknya tanpa tujuan itu. Kadang-kadang Allah akan mengizinkan kita melewati masa pencobaan yang gelap sementara Ia tetap diam dan bahkan terasa sangat jauh. Namun, di tengah-tengah gelapnya kebungkaman Allah, Ia mempunyai rencana bagi kehidupan kita dan kita harus senantiasa percaya kepada-Nya.

Full Life: Ayb 9:33 - WASIT DI ANTARA KAMI. Nas : Ayub 9:33 Ayub melihat perlunya seorang pengantara yang dapat memegang tangannya dan dengan tangan lainnya berpegang kepada Allah serta menda...

Nas : Ayub 9:33

Ayub melihat perlunya seorang pengantara yang dapat memegang tangannya dan dengan tangan lainnya berpegang kepada Allah serta mendamaikan kedua pihak. Yesus Kristus menjadi pengantara seperti itu, karena oleh kematian dan kebangkitan-Nya Ia memulihkan persekutuan kita dengan Allah (1Tim 2:5; Ibr 9:15).

BIS: Ayb 9:3 - Dari seribu ... manusia Dari seribu ... manusia, atau Manusia dapat menanyakan seribu pertanyaan kepada-Nya; Ia pun tak akan mau menjawabnya.

Dari seribu ... manusia, atau Manusia dapat menanyakan seribu pertanyaan kepada-Nya; Ia pun tak akan mau menjawabnya.

BIS: Ayb 9:8 - diinjak-injak-Nya punggung naga lautan diinjak-injak-Nya punggung naga lautan: Ini menunjuk kepada cerita-cerita kuno yang menggambarkan seekor naga laut yang dibunuh dan diinjak-injak (lih...

diinjak-injak-Nya punggung naga lautan: Ini menunjuk kepada cerita-cerita kuno yang menggambarkan seekor naga laut yang dibunuh dan diinjak-injak (lihat juga Ayu 26:13).

BIS: Ayb 9:13 - Rahab Rahab: Naga lautan yang melambangkan kekacauan dan kejahatan.

Rahab: Naga lautan yang melambangkan kekacauan dan kejahatan.

BIS: Ayb 9:19 - -- Kemungkinan besar artinya: "memanggil-Nya"; Ibrani: memanggil Aku.

Kemungkinan besar artinya: "memanggil-Nya"; Ibrani: memanggil Aku.

Jerusalem: Ayb 9:6 - tiangnya bergoyang-goyang Keping bumi dipikirkan berdasarkan tiang-tiang, bdk Maz 104:2+; Maz 75:4; Ayu 38:6; 1Sa 2:8. Ayu 8:4-5 mengingatkan gambaran yang lazim dipakai dalam ...

Keping bumi dipikirkan berdasarkan tiang-tiang, bdk Maz 104:2+; Maz 75:4; Ayu 38:6; 1Sa 2:8. Ayu 8:4-5 mengingatkan gambaran yang lazim dipakai dalam melukiskan akhir zaman, Ams 8:9+.

Jerusalem: Ayb 9:7 - mengurung bintang... Begitu bintang-bintang terhalang memancarkan terangnya. Yang terbalik terjadi dalam Bar 3:34.

Begitu bintang-bintang terhalang memancarkan terangnya. Yang terbalik terjadi dalam Bar 3:34.

Jerusalem: Ayb 9:8 - -- Dengan mengamati gejala-gejala alam pesajak melayangkan pandangannya kepada awal mulanya. Pada permulaannya Allah "melangkah di atas gelombang-gelomba...

Dengan mengamati gejala-gejala alam pesajak melayangkan pandangannya kepada awal mulanya. Pada permulaannya Allah "melangkah di atas gelombang-gelombang Laut", bdk Ayu 7:12+, artinya: Allah menaklukkan dan menjinakkan naga purba itu.

Jerusalem: Ayb 9:9 - bintang Biduk... Tidak pasti juga bahwa kata-kata Ibrani yang dipakai menunjuk kepada nama-nama bintang-bintang itu.

Tidak pasti juga bahwa kata-kata Ibrani yang dipakai menunjuk kepada nama-nama bintang-bintang itu.

Jerusalem: Ayb 9:13 - Rahab Rahab itu ialah naga purba sama dengan Lewiatan, Ayu 3:8+, atau "Tiamat". Dalam mitologi Rahab mempribadikan Laut purba (Tiamat), Ayu 7:12+. Dengan m...

Rahab itu ialah naga purba sama dengan Lewiatan, Ayu 3:8+, atau "Tiamat". Dalam mitologi Rahab mempribadikan Laut purba (Tiamat), Ayu 7:12+. Dengan maksud meluhurkan daya Allah Pencipta yang menguasai segala sesuatu, maka rakyat dan para pesajak suka meluhurkan Allah sebagai Pemenang yang mengalahkan Rahab, Ayu 26:12+; Maz 89:11+. Dalam ceritera-ceritera mengenai sejarah Rahab melambangkan Laut Teberau dan juga Mesir, Yes 30:7; Maz 87:4+.

Jerusalem: Ayb 9:14 - membantah Dia Artinya: membela dirinya dalam pengadilan Allah. Di hadapan Allah Mahakuasa yang baik Hakim maupun pihak yang berperkara, Ayub tidak dapat menempuh ja...

Artinya: membela dirinya dalam pengadilan Allah. Di hadapan Allah Mahakuasa yang baik Hakim maupun pihak yang berperkara, Ayub tidak dapat menempuh jalan penghakiman yang lazim di antara manusia (ada nas-nas lain dalam Ayub yang mengungkapkan kerinduan bahwa Ayub dibenarkan sesuai dengan hukum). Ayub mulai ragu-ragu mengenai ketidaksalahannya sendiri, Ayu 9:20-21. Ayub tidak memperhatikan kebijaksanaan keputusan-keputusan Allah yang melampaui jangkauan manusia (ini ditekankan Sofar, bab 11), tetapi ia hanya melihat keputusan-keputusan Allah yang rupanya dijatuhkan semau-maunya saja. Maka Ayub tampil untuk "membantah Dia" angkat bicara sebagai saksi yang membela terdakwa.

Jerusalem: Ayb 9:19 - menggugat Dia Begitulah menurut terjemahan Yunani dan Siria. Dalam naskah Ibrani tertulis: menggugat aku.

Begitulah menurut terjemahan Yunani dan Siria. Dalam naskah Ibrani tertulis: menggugat aku.

Jerusalem: Ayb 9:20 - mulutku sendiri Ini barangkali perlu diperbaiki menjadi: mulutNya.

Ini barangkali perlu diperbaiki menjadi: mulutNya.

Jerusalem: Ayb 9:24 - oleh siapa lagi? Oleh karena sepenuh-penuhnya percaya pada penyelenggaraan Allah yang merangkum segala-galanya, maka Ayub tidak segan-segan melemparkan kepada Allah ta...

Oleh karena sepenuh-penuhnya percaya pada penyelenggaraan Allah yang merangkum segala-galanya, maka Ayub tidak segan-segan melemparkan kepada Allah tanggung jawab atas segala pengalaman yang menjengkelkan, Ayu 9:22-24.

Jerusalem: Ayb 9:28 - aku tahu... Elifas dan Bildad mengajak Ayub agar pasrah saja kepada Allah dan patuh, Ayu 5:17; 8:5-6. Tetapi Ayub insaf bahwa sikap yang tidak benar dan jujur sem...

Elifas dan Bildad mengajak Ayub agar pasrah saja kepada Allah dan patuh, Ayu 5:17; 8:5-6. Tetapi Ayub insaf bahwa sikap yang tidak benar dan jujur semacam itu tidak merubah apa-apa entah keadaan Ayub sendiri entah sikap Allah terhadapnya: semuanya tetap sama-sama saja.

Jerusalem: Ayb 9:30 - Walaupun aku... Hanya Allah sajalah yang dapat menghapus dosa, orang sendiri tidak dapat. namun orang berdosa menemukan jalan keluar dengan menaruh pengharapannya pad...

Hanya Allah sajalah yang dapat menghapus dosa, orang sendiri tidak dapat. namun orang berdosa menemukan jalan keluar dengan menaruh pengharapannya pada belas kasihan Allah; begitulah pikiran pemazmur, Maz 51. Ayub tidak sadar akan salah satu dosa, sehingga benar-benar merasakan ketidakmampuannya, tetapi ia tidak dapat turut menaruh pengharapannya pada Allah itu.

Jerusalem: Ayb 9:31 - dalam lumpur Dalam naskah Ibrani tertulis: ke dalam liang kubur, tetapi ini perlu di perbaiki sesuai dengan terjemahan Latin Vulgata.

Dalam naskah Ibrani tertulis: ke dalam liang kubur, tetapi ini perlu di perbaiki sesuai dengan terjemahan Latin Vulgata.

Jerusalem: Ayb 9:35 - karena aku... Harafiah: aku tidak demikian di mataku sendiri. Ayub tidak bersedia mengakui kedosaan yang tidak ia yakin.

Harafiah: aku tidak demikian di mataku sendiri. Ayub tidak bersedia mengakui kedosaan yang tidak ia yakin.

Ende: Ayb 9:2-24 - -- Ijob menghadapi rahasia Allah jang tidak dimengertinja. Ia tahu, bahwa ia tidak dapat berlaku terhadap Allah seperti terhadap manusia. Tetapi ia terus...

Ijob menghadapi rahasia Allah jang tidak dimengertinja. Ia tahu, bahwa ia tidak dapat berlaku terhadap Allah seperti terhadap manusia. Tetapi ia terus mempertahankan kesutjian dan karena itu deritanja nampak sebagai kelaliman dan kewenangan dari pihak Allah.

Ende: Ayb 9:6 - -- Orang2 Jahudi dahulu memikirkan bumi sebagai bertumpu atas tiang2 dan langit itu dibajangkan seperti sematjam kubah dari logam (Ayu 9:8).

Orang2 Jahudi dahulu memikirkan bumi sebagai bertumpu atas tiang2 dan langit itu dibajangkan seperti sematjam kubah dari logam (Ayu 9:8).

Ende: Ayb 9:9 - -- Nama2 bintang ini tiada pasti.

Nama2 bintang ini tiada pasti.

Ende: Ayb 9:13 - -- Rahab itu adalah naga dari masa purba (Leviatan) dan merupakan lambang laut purba. Pembantu2nja ialah naga2 lainnja.

Rahab itu adalah naga dari masa purba (Leviatan) dan merupakan lambang laut purba. Pembantu2nja ialah naga2 lainnja.

Ende: Ayb 9:23 - bandjir ialah bentjana manapun djua.

ialah bentjana manapun djua.

Ende: Ayb 9:24 - menudung muka hakim berarti: membuat mereka mendjalankan pengadilan dengan tidak adil.

berarti: membuat mereka mendjalankan pengadilan dengan tidak adil.

Ende: Ayb 9:26 - sampan kertjut dipergunakan di Mesir.

dipergunakan di Mesir.

Ende: Ayb 9:35 - demikianlah...dst. Hatinurani Ijob bersih dan murni.

Hatinurani Ijob bersih dan murni.

Endetn: Ayb 9:19 - Dialah ... Dia diperbaiki. Tertulis: "Lihatlah ... aku".

diperbaiki. Tertulis: "Lihatlah ... aku".

Endetn: Ayb 9:31 - lumpur diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "lubang".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "lubang".

Ref. Silang FULL: Ayb 9:2 - hadapan Allah · hadapan Allah: Ayub 4:17; Ayub 4:17; Rom 3:20

· hadapan Allah: Ayub 4:17; [Lihat FULL. Ayub 4:17]; Rom 3:20

Ref. Silang FULL: Ayb 9:3 - dengan Allah // dari seribu · dengan Allah: Ayub 9:32; Ayub 39:38 · dari seribu: Ayub 9:12,14,29,32; Ayub 10:2; 12:14; 13:9,14; 22:4; 23:7,13; 37:19; 39:35; Mazm 44...

Ref. Silang FULL: Ayb 9:4 - itu bijak // dan kuat // berkeras melawan // tetap selamat · itu bijak: Ayub 11:6; 28:12,20,23; 38:36; Mazm 51:8; Ams 2:6; Pengkh 2:26 · dan kuat: Ayub 9:19; Ayub 5:9; Ayub 5:9; Ayub 12:13,16; 2...

Ref. Silang FULL: Ayb 9:5 - memindahkan gunung-gunung // dalam murka-Nya · memindahkan gunung-gunung: Mat 17:20 · dalam murka-Nya: Mazm 18:8; 46:3-4; Yes 13:13; Mi 1:4

· memindahkan gunung-gunung: Mat 17:20

· dalam murka-Nya: Mazm 18:8; 46:3-4; Yes 13:13; Mi 1:4

Ref. Silang FULL: Ayb 9:6 - menggeserkan bumi // tiangnya bergoyang-goyang · menggeserkan bumi: Kel 19:18; Kel 19:18; Yes 2:21; 13:13; 24:18-20; Am 8:8; Ibr 12:26 · tiangnya bergoyang-goyang: 2Sam 22:8; 2Sam 22:...

· menggeserkan bumi: Kel 19:18; [Lihat FULL. Kel 19:18]; Yes 2:21; 13:13; 24:18-20; Am 8:8; Ibr 12:26

· tiangnya bergoyang-goyang: 2Sam 22:8; [Lihat FULL. 2Sam 22:8]; Ayub 26:14; 36:29; 37:4-5; Mazm 75:4; Hab 3:4

Ref. Silang FULL: Ayb 9:7 - tidak terbit // mengurung bintang-bintang · tidak terbit: Yes 34:4; Yer 4:28; Yoel 2:2,10,31; 3:15; Zef 1:15; Za 14:6 · mengurung bintang-bintang: Yes 13:10; Yer 4:23; Yeh 32:8

· tidak terbit: Yes 34:4; Yer 4:28; Yoel 2:2,10,31; 3:15; Zef 1:15; Za 14:6

· mengurung bintang-bintang: Yes 13:10; Yer 4:23; Yeh 32:8

Ref. Silang FULL: Ayb 9:8 - membentangkan langit // gelombang-gelombang laut · membentangkan langit: Kej 1:1,8; Kej 1:1; Kej 1:8; Yes 48:13; Yes 48:13 · gelombang-gelombang laut: Ayub 38:16; Mazm 77:20; Ams 8:28; ...

· membentangkan langit: Kej 1:1,8; [Lihat FULL. Kej 1:1]; [Lihat FULL. Kej 1:8]; Yes 48:13; [Lihat FULL. Yes 48:13]

· gelombang-gelombang laut: Ayub 38:16; Mazm 77:20; Ams 8:28; Hab 3:15; Mat 14:25; Mr 6:48; Yoh 6:19

Ref. Silang FULL: Ayb 9:9 - yang menjadikan // Ruang Selatan · yang menjadikan: Ayub 32:22; 40:10,14 · Ruang Selatan: Kej 1:16; Kej 1:16

· yang menjadikan: Ayub 32:22; 40:10,14

· Ruang Selatan: Kej 1:16; [Lihat FULL. Kej 1:16]

Ref. Silang FULL: Ayb 9:10 - perbuatan-perbuatan besar // tidak terbilang · perbuatan-perbuatan besar: Ul 6:22; Mazm 72:18; 136:4; Yer 32:20 · tidak terbilang: Ayub 5:9; Ayub 5:9

· perbuatan-perbuatan besar: Ul 6:22; Mazm 72:18; 136:4; Yer 32:20

· tidak terbilang: Ayub 5:9; [Lihat FULL. Ayub 5:9]

Ref. Silang FULL: Ayb 9:11 - tidak mengetahui · tidak mengetahui: Ayub 23:8-9; 35:14

· tidak mengetahui: Ayub 23:8-9; 35:14

Ref. Silang FULL: Ayb 9:12 - akan menghalangi-Nya // yang Kaulakukan · akan menghalangi-Nya: Bil 23:20; Ayub 11:10; Yes 14:27; 43:13 · yang Kaulakukan: Ayub 9:3; Ayub 9:3; Ul 32:39; Ul 32:39; Yes 29:16; 45...

· akan menghalangi-Nya: Bil 23:20; Ayub 11:10; Yes 14:27; 43:13

· yang Kaulakukan: Ayub 9:3; [Lihat FULL. Ayub 9:3]; Ul 32:39; [Lihat FULL. Ul 32:39]; Yes 29:16; 45:9; Dan 2:21; 4:32; Rom 9:20

Ref. Silang FULL: Ayb 9:13 - menahani murka-Nya // pembantu Rahab · menahani murka-Nya: Bil 14:18; Ayub 10:15; Mazm 78:38; Yes 3:11; 6:5; 48:9 · pembantu Rahab: Ayub 26:12; Mazm 87:4; 89:11; Yes 30:7; 5...

Ref. Silang FULL: Ayb 9:14 - hadapan Dia · hadapan Dia: Ayub 9:3; Ayub 9:3

· hadapan Dia: Ayub 9:3; [Lihat FULL. Ayub 9:3]

Ref. Silang FULL: Ayb 9:15 - membantah Dia // harus memohon // belas kasihan // yang mendakwa · membantah Dia: Ayub 10:15; 13:19; 34:5-6; 39:38; 42:7 · harus memohon: Ayub 8:5 · belas kasihan: Ayub 9:20,29; Ayub 15:6; 23:4;...

· membantah Dia: Ayub 10:15; 13:19; 34:5-6; 39:38; 42:7

· harus memohon: Ayub 8:5

· belas kasihan: Ayub 9:20,29; Ayub 15:6; 23:4; 39:35

· yang mendakwa: Kej 18:25; [Lihat FULL. Kej 18:25]; 1Sam 24:12; Mazm 50:6; 96:13

Ref. Silang FULL: Ayb 9:16 - sudi mendengarkan · sudi mendengarkan: Ayub 13:22; Rom 9:20-21

· sudi mendengarkan: Ayub 13:22; Rom 9:20-21

Ref. Silang FULL: Ayb 9:17 - meremukkan aku // angin ribut // yang memperbanyak // tidak semena-mena · meremukkan aku: Ayub 16:12; 30:16; Mazm 10:10; Yes 38:13 · angin ribut: Ayub 30:22; Mazm 83:16; Yun 1:4 · yang memperbanyak: Ay...

· meremukkan aku: Ayub 16:12; 30:16; Mazm 10:10; Yes 38:13

· angin ribut: Ayub 30:22; Mazm 83:16; Yun 1:4

· yang memperbanyak: Ayub 16:14

· tidak semena-mena: Ayub 2:3; [Lihat FULL. Ayub 2:3]

Ref. Silang FULL: Ayb 9:18 - dengan kepahitan · dengan kepahitan: Ayub 7:19; Ayub 7:19; Ayub 10:1; Ayub 10:1

· dengan kepahitan: Ayub 7:19; [Lihat FULL. Ayub 7:19]; Ayub 10:1; [Lihat FULL. Ayub 10:1]

Ref. Silang FULL: Ayb 9:19 - yang mempunyai // menggugat Dia · yang mempunyai: Ayub 9:4; Ayub 9:4; Neh 9:32; Neh 9:32 · menggugat Dia: Ayub 9:33; Yer 49:19

· yang mempunyai: Ayub 9:4; [Lihat FULL. Ayub 9:4]; Neh 9:32; [Lihat FULL. Neh 9:32]

· menggugat Dia: Ayub 9:33; Yer 49:19

Ref. Silang FULL: Ayb 9:20 - aku bersalah · aku bersalah: Ayub 9:15; Ayub 9:15

· aku bersalah: Ayub 9:15; [Lihat FULL. Ayub 9:15]

Ref. Silang FULL: Ayb 9:21 - tidak bersalah // pedulikan diriku // hiraukan hidupku · tidak bersalah: Kej 6:9; Kej 6:9; Ayub 34:6,7 · pedulikan diriku: Ayub 9:14; Ayub 6:29; Ayub 6:29; Ayub 10:1; 13:13 · hiraukan...

· tidak bersalah: Kej 6:9; [Lihat FULL. Kej 6:9]; Ayub 34:6,7

· pedulikan diriku: Ayub 9:14; Ayub 6:29; [Lihat FULL. Ayub 6:29]; Ayub 10:1; 13:13

· hiraukan hidupku: Bil 11:15; [Lihat FULL. Bil 11:15]; Ayub 7:16; [Lihat FULL. Ayub 7:16]

Ref. Silang FULL: Ayb 9:22 - yang bersalah · yang bersalah: Ayub 3:19; Ayub 3:19; Ayub 10:8; Pengkh 9:2,3; Yeh 21:3

· yang bersalah: Ayub 3:19; [Lihat FULL. Ayub 3:19]; Ayub 10:8; Pengkh 9:2,3; Yeh 21:3

Ref. Silang FULL: Ayb 9:23 - Bila cemeti-Nya // tidak bersalah · Bila cemeti-Nya: Ibr 11:36 · tidak bersalah: Ayub 24:1,12; Mazm 64:5; Hab 1:3; 1Pet 1:7

· Bila cemeti-Nya: Ibr 11:36

· tidak bersalah: Ayub 24:1,12; Mazm 64:5; Hab 1:3; 1Pet 1:7

Ref. Silang FULL: Ayb 9:24 - orang fasik // para hakimnya // siapa lagi · orang fasik: Ayub 1:15,17; 10:3; 16:11; 21:16; 22:18; 27:2; 40:3; Mazm 73:3 · para hakimnya: Ayub 3:14; Ayub 3:14; Ayub 12:6; 19:7; 2...

Ref. Silang FULL: Ayb 9:25 - seorang pelari // melihat bahagia · seorang pelari: Ayub 7:6; Ayub 7:6 · melihat bahagia: Ayub 7:7; 10:20

· seorang pelari: Ayub 7:6; [Lihat FULL. Ayub 7:6]

· melihat bahagia: Ayub 7:7; 10:20

Ref. Silang FULL: Ayb 9:26 - meluncur lewat // dari pandan // menyambar mangsanya · meluncur lewat: Ayub 24:18; Mazm 46:4 · dari pandan: Yes 18:2 · menyambar mangsanya: Ayub 39:32; Hab 1:8

· meluncur lewat: Ayub 24:18; Mazm 46:4

· dari pandan: Yes 18:2

· menyambar mangsanya: Ayub 39:32; Hab 1:8

Ref. Silang FULL: Ayb 9:27 - keluh kesahku · keluh kesahku: Ayub 7:11; Ayub 7:11

· keluh kesahku: Ayub 7:11; [Lihat FULL. Ayub 7:11]

Ref. Silang FULL: Ayb 9:28 - maka takutlah // tidak bersalah · maka takutlah: Ayub 3:25; Ayub 3:25 · tidak bersalah: Kel 34:7; Kel 34:7; Ayub 7:21; Ayub 7:21

· maka takutlah: Ayub 3:25; [Lihat FULL. Ayub 3:25]

· tidak bersalah: Kel 34:7; [Lihat FULL. Kel 34:7]; Ayub 7:21; [Lihat FULL. Ayub 7:21]

Ref. Silang FULL: Ayb 9:29 - dengan sia-sia · dengan sia-sia: Ayub 9:3,15; Ayub 9:3; Ayub 9:15; Mazm 37:33

· dengan sia-sia: Ayub 9:3,15; [Lihat FULL. Ayub 9:3]; [Lihat FULL. Ayub 9:15]; Mazm 37:33

Ref. Silang FULL: Ayb 9:30 - dengan salju // mencuci tanganku // dengan sabun · dengan salju: Mal 3:2 · mencuci tanganku: Ayub 17:9; 31:7; Yes 1:15 · dengan sabun: Ayub 14:4,17; 33:9; Yes 1:18; Yer 2:22; Hos...

· dengan salju: Mal 3:2

· mencuci tanganku: Ayub 17:9; 31:7; Yes 1:15

· dengan sabun: Ayub 14:4,17; 33:9; Yes 1:18; Yer 2:22; Hos 13:2

Ref. Silang FULL: Ayb 9:31 - dalam lumpur // terhadap aku · dalam lumpur: Mazm 35:7; 40:3; 51:11; Yer 2:22; Nah 3:6; Mal 2:3 · terhadap aku: Ayub 7:20; Ayub 7:20; Ayub 34:9; 35:3; Mazm 73:13

· dalam lumpur: Mazm 35:7; 40:3; 51:11; Yer 2:22; Nah 3:6; Mal 2:3

· terhadap aku: Ayub 7:20; [Lihat FULL. Ayub 7:20]; Ayub 34:9; 35:3; Mazm 73:13

Ref. Silang FULL: Ayb 9:32 - bukan manusia // dapat menjawab-Nya // menghadap pengadilan · bukan manusia: Bil 23:19; Bil 23:19 · dapat menjawab-Nya: Ayub 9:3; Ayub 9:3; Rom 9:20 · menghadap pengadilan: Mazm 143:2; Peng...

· bukan manusia: Bil 23:19; [Lihat FULL. Bil 23:19]

· dapat menjawab-Nya: Ayub 9:3; [Lihat FULL. Ayub 9:3]; Rom 9:20

· menghadap pengadilan: Mazm 143:2; Pengkh 6:10

Ref. Silang FULL: Ayb 9:33 - antara kami // kami berdua · antara kami: 1Sam 2:25; 1Sam 2:25 · kami berdua: Ayub 9:19; Ayub 9:19

· antara kami: 1Sam 2:25; [Lihat FULL. 1Sam 2:25]

· kami berdua: Ayub 9:19; [Lihat FULL. Ayub 9:19]

Ref. Silang FULL: Ayb 9:34 - dari padaku // ditimpa kegentaran · dari padaku: Ayub 21:9; Mazm 39:11; 73:5 · ditimpa kegentaran: Ayub 6:4; Ayub 6:4; Ayub 7:14; 33:7; Mazm 32:4

· dari padaku: Ayub 21:9; Mazm 39:11; 73:5

· ditimpa kegentaran: Ayub 6:4; [Lihat FULL. Ayub 6:4]; Ayub 7:14; 33:7; Mazm 32:4

Ref. Silang FULL: Ayb 9:35 - terhadap Dia // tidak menyadari · terhadap Dia: Ayub 7:11; Ayub 7:11 · tidak menyadari: Ayub 7:15; 13:21

· terhadap Dia: Ayub 7:11; [Lihat FULL. Ayub 7:11]

· tidak menyadari: Ayub 7:15; 13:21

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Ayb 9:1--10:22 - Allah bebas bertindak, tetapi tidak pernah salah bertindak (Selasa, 23 Juli 2002) Allah bebas bertindak, tetapi tidak pernah salah bertindak Di dalam bukunya, The Lion, the Witch, and the Wardrobe, C. S. Lewis menggunakan figur sin...

SH: Ayb 9:1-35 - Tidak ada wasit di antara manusia dan Allah (Sabtu, 4 Desember 2004) Tidak ada wasit di antara manusia dan Allah Agak sulit untuk kita menentukan apakah ucapan-ucapan Ayub dalam pasal ini tentang Allah bernada pos...

SH: Ayb 9:1--10:22 - Tidak ada yang kebetulan (Sabtu, 10 November 2012) Tidak ada yang kebetulan Ayub memulai respons terhadap sahabat-sahabatnya dengan kesadaran bahwa beberapa perkataan mereka benar adanya (9:2). Ayub m...

SH: Ayb 9:1--10:22 - Salah Menilai (Rabu, 8 Maret 2023) Salah Menilai Di tengah beratnya realitas kehidupan dan pahitnya pengalaman hidup, tidak sedikit orang Kristen yang menganggap bahwa Tuhan itu tidak ...

Topik Teologia: Ayb 9:2 - -- Keselamatan Pembenaran Sarana Pembenaran Pembenaran adalah Bukan dari Usaha Manusia Pembenaran adalah Bukan dari Taurat ...

Topik Teologia: Ayb 9:5 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah

Topik Teologia: Ayb 9:6 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah

Topik Teologia: Ayb 9:7 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah

Topik Teologia: Ayb 9:8 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Alam Semesta Kej 1:1 Neh 9:6 Ayu ...

Topik Teologia: Ayb 9:9 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Matahari, Bulan dan Bintang-bintang Kej 1:14-18 Ayu 9:9 Ayu 38:1,12,19-20,31-33 Maz 8:4-5 Maz 19:...

Topik Teologia: Ayb 9:10 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Allah Dapat Dikenal Allah Tidak Terpahami Ayu 9:10-11 Ayu 11:7-9 Ayu 23:8-9 Ayu 2...

Topik Teologia: Ayb 9:11 - -- Allah yang Berpribadi Allah Tidak Terpahami Ayu 9:10-11 Ayu 11:7-9 Ayu 23:8-9 Ayu 26:14 Ayu 33:13-14 Ayu 36:26 Ayu 37:5 Ayu 37:...

Topik Teologia: Ayb 9:12 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah Memiliki Kebebasan (Berdaulat) Kej 24:3 Ula 4:39 1Sa 2:6-8 2Sa 7:28 2Ra 19:15 Ayu 9:12 A...

Topik Teologia: Ayb 9:15 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama-nama, Gelar-gelar Deskriptif dan Kiasan-kiasan untuk Allah Hakim Ayu 9:15 Yes 33:22 Yoh 8...

Topik Teologia: Ayb 9:18 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Roh Manusia (Nafas, Hati, Pikiran, Kebencian, Kekuatan) R...

Topik Teologia: Ayb 9:20 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ayub (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Dikenal Tema : Mengapa Orang Benar Menderita ? Tanggal Penulisan: Tidak Pasti Latar Belakang Kitab Ayub tergol...

Full Life: Ayub (Garis Besar) Garis Besar I. Prolog Prosa: Krisisnya (Ayub 1:1-2:13) A. Ayub, Orang Benar yang Takut Akan Allah (A...

Jerusalem: Ayub (Pendahuluan Kitab) KITAB AYUB PENGANTAR Karya sastera paling unggul yang dihasilkan gerakan kebijaksanaan di Israel ialah kitab Ayub. Kitab ini dimulai dengan sebuah cer...

Ende: Ayub (Pendahuluan Kitab) IJOB PENDAHULUAN Karya utama dari sesusasteraan kebijaksanaan Israil dan jang termasuk bilangan tjiptaan terbesar jang pernah dihasilkan pudjangga2 in...

BIS: Ayub (Pendahuluan Kitab) BUKU AYUB PENGANTAR Buku Ayub adalah kisah tentang seorang yang baik budi, ia mengalami musibah hebat; ia kehilangan semua anaknya dan segala harta

BUKU AYUB

PENGANTAR

Buku Ayub adalah kisah tentang seorang yang baik budi, ia mengalami musibah hebat; ia kehilangan semua anaknya dan segala harta bendanya, lalu dihinggapi penyakit kulit yang menjijikkan. Dalam tiga rangkaian percakapan yang bersajak, si penulis menggambarkan bagaimana teman-teman Ayub, dan Ayub sendiri menanggapi malapetaka itu. Pokok yang penting dalam percakapan-percakapan itu ialah yang menyinggung caranya Allah memperlakukan manusia. Pada bagian terakhir, Allah sendiri menyatakan diri-Nya kepada Ayub.

Teman-teman Ayub menjelaskan penderitaan Ayub itu menurut ajaran agama yang tradisional. Pada sangka mereka, Allah selalu mengganjar orang yang baik dan menghukum orang yang jahat. Jadi, penderitaan Ayub hanya dapat berarti bahwa ia telah berbuat dosa. Tetapi bagi Ayub pendapat itu terlalu dangkal; tidak sepantasnya ia mendapat hukuman yang sekejam itu, sebab ia seorang yang sangat baik dan jujur. Ia tidak dapat mengerti mengapa Allah membiarkan orang seperti dirinya mengalami begitu banyak bencana, dan dengan berani ia menantang Allah. Ayub tidak kehilangan kepercayaannya kepada Allah, tetapi ia sungguh-sungguh ingin supaya dibenarkan oleh Allah dan supaya mendapat kembali kehormatannya sebagai orang yang baik.

Allah tidak memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Ayub, tetapi Allah menanggapi kepercayaan Ayub dengan memberinya banyak contoh mengenai kuasa dan hikmat-Nya. Contoh-contoh itu dilukiskan dengan puisi. Kemudian dengan segala rendah hati, Ayub mengakui kebijaksanaan dan keagungan Allah, lalu menyesali kata-katanya yang keras dan penuh kemarahan itu.

Bagian terakhir dari kisah ini, yang ditulis dengan bahasa biasa, menuturkan bagaimana Ayub dikembalikan kepada keadaannya semula, dengan kekayaan yang jauh melebihi kekayaannya sebelum itu. Allah memarahi teman-teman Ayub karena mereka tidak dapat memahami arti kesengsaraan Ayub. Hanya Ayublah yang sungguh-sungguh menyadari bahwa Allah lebih besar daripada yang telah diajarkan oleh agama yang tradisional itu.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Ayub 1:1-2:13
  2.  Ayub dan teman-temannya
    Ayub 3:1-31:40
    1. a. Keluhan Ayub
      Ayub 3:1-26
    2. b. Percakapan pertama
      Ayub 4:1-14:22
    3. c. Percakapan kedua
      Ayub 15:1-21:34
    4. d. Percakapan ketiga
      Ayub 22:1-27:23
    5. e. Pujian terhadap hikmat
      Ayub 28:1-28
    6. f. Pernyataan Ayub yang terakhir
      Ayub 29:1-31:40
  3.  Wejangan Elihu
    Ayub 32:1-37:24
  4.  TUHAN menjawab Ayub
    Ayub 38:1-42:6
  5.  Penutup
    Ayub 42:7-17

Ajaran: Ayub (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ayub, anggota jemaat mengerti bahwa suatu penderitaan dapat membawa kemenangan dan pengenalan yang lebih d

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ayub, anggota jemaat mengerti bahwa suatu penderitaan dapat membawa kemenangan dan pengenalan yang lebih dalam akan Allah.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab Ayub tidak diketahui dengan jelas.

Isi Kitab: Kitab Ayub terdiri dari 42 pasal. Isi Kitab Ayub merupakan kisah nyata dari seorang bernama Ayub yaitu mengisahkan kehidupan Ayub yang berbahagia karena kesalehannya, tetapi kemudian hidup dalam penderitaan karena pencobaan iblis. Akhirnya dia kembali memperoleh kebahagiaan, karena ketekunannya dalam beribadah walaupun menderita.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Ayub

  1. Pasal 1 (Ayub 1:1-5).

    Keadaan Ayub sebelum pencobaan iblis Ayub adalah seorang yang hidup dalam kesalehan dan kelimpahan.

    Pendalaman Bacalah pasal Ayub 1:1-5, sebutkanlah keadaan Ayub waktu itu.

  2. Pasal 1-3 (Ayub 1:6-3:26).

    Keadaan Ayub dalam pencobaan iblis Dalam bagian ini dijelaskan bahwa iblis mengambil semua harta milik dan kesehatan Ayub. Hal ini membuat Ayub sangat menderita.

    Pendalaman

    1. Siapakah yang tidak mengingini kebahagiaan Ayub? (Ayub 1:6-12). Tetapi sebenarnya apakah maksud Iblis kepada Tuhan? (Ayub 1:9,11).
    2. Perhatikan pasal Ayub 1:13-22. Apakah yang terjadi dalam kehidupan Ayub? Dan bagaimanakah tanggapan Ayub terhadap hal itu? (Ayub 1:20-22).
    3. Perhatikan pasal Ayub 2:1-10. Penderitaan apa lagikah yang Ayub alami? Tetap bagaimanakah sikapnya terhadap Allah? (Ayub 2:9-10).
  3. Pasal 4-37 (Ayub 4:1-37:24).

    Percakapan Ayub dengan sahabat-sahabatnya

    Pada bagian ini dijelaskan tentang 3 orang sahabat Ayub yang bernama Elifas, Bildad, dan Zofar. Mereka datang dan mengatakan bahwa penderitaan Ayub adalah akibat dari dosa yang dibuat secara sembunyi-sembunyi. Mereka menyuruh Ayub supaya mengakui saja dosanya, tetapi Ayub tetap bertahan, bahwa ia hidup benar di hadapan Allah. Setelah tiga teman Ayub itu selesai berbicara, seorang muda bernama Elihu memperingatkan mereka semua termasuk Ayub bahwa Tuhan adalah Maha besar dan mempunyai maksud yang baik dalam penderitaan orang beriman. (dalam pasal Ayub 9:33).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ayub 4:1-9. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    2. Bacalah pasal Ayub 8:1-7. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    3. Bacalah pasal Ayub 11:1-6. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    4. Bacalah pasal Ayub 31:1-6. Bagaimanakah Ayub memandang dirinya sendiri?
    5. Bagaimanakah pendapat Elihu mengenai hal ini? (Ayub 32:1-5).
  4. Pasal 38-42 (Ayub 38:1-42:17).

    Jawaban Tuhan kepada Ayub Dalam bagian ini Ayub di tegur oleh Allah. Kemudian Ayub merendahkan diri dihadapan Allah serta mencabut pembelaan dirinya. Setelah ini Ayub tidak lagi hidup menderita, karena diberkati Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ayub 38:1,34-38. Apakah yang terjadi dalam bagian ini?
    2. Bacalah pasal Ayub 42:1-6. Apakah yang terjadi dengan Ayub?
    3. Bagaimanakah keadaan Ayub pada akhirnya? (pasal Ayub 42:7-17).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Ayub mengajarkan kepada orang beriman bahwa Iblis tidak berkuasa untuk mencabut nyawa seseorang.

  2. Kitab Ayub mengajarkan bahwa Allah mengijinkan anak-anaknya mengalami penderitaan untuk menunjukkan kemahakuasaan-Nya.

  3. Kitab Ayub mengajarkan bahwa penderitaan dapat menjadi suatu alat untuk membawa seseorang pada pertumbuhan rohani yang dewasa.

  4. Kitab Ayub mengajarkan Ayub sebagai teladan orang yang menyembah Allah secara benar, yaitu penyembahan yang didasari ketulusan hati.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah isi Kitab Ayub?
  2. Siapakah nama-nama sahabat Ayub?
  3. Penderitaan apa sajakah yang dihadapi oleh Ayub? Dan siapakah yang menginginkan hal ini?
  4. Apakah pelajaran rohani yang saudara dapatkan setela mempelajari Kitab Ayub?

Intisari: Ayub (Pendahuluan Kitab) Mengapa orang tak berdosa harus menderita ORANG-ORANG ISRAEL YANG BIJAKSANASelain oleh para nabi dan imam, umat Allah juga dilayani oleh sekelompok o

Mengapa orang tak berdosa harus menderita

ORANG-ORANG ISRAEL YANG BIJAKSANA
Selain oleh para nabi dan imam, umat Allah juga dilayani oleh sekelompok orang yang dinamakan "Orang-orang berhikmat". Mereka ini adalah para pembimbing dan penasihat yang menghabiskan waktu mereka untuk memutuskan cara-cara yang paling bijaksana dan paling benar untuk menjalani kehidupan dan menjalankan pemerintahan. Hasil penelitian mereka selalu diterapkan dalam kehidupan nyata. Kita mengetahui hal ini dari kitab-kitab mereka yang biasanya disebut "Kitab Hikmat" (Ayub, Amsal, Pengkhotbah, ditambah beberapa Mazmur). Kadangkala mereka memberikan nasihat mereka dalam bentuk pepatah yang singkat dan jelas atau "amsal". Selain itu mereka juga berbicara mengenai masalah-masalah besar dalam kehidupan, terutama masalah penderitaan.

SIAPAKAH AYUB?
Apa yang kita ketahui mengenai Ayub tidak lebih daripada apa yang digambarkan pada permulaan kitab itu. Rupanya ia orang yang terkenal (Yeh 14:14,20), namun oleh karena tidak ada acuan terhadap sejarah orang Israel, Ayub mungkin hidup jauh sebelum umat Allah bermukim di Kanaan. Beberapa orang berpendapat bahwa kisah mengenai penderitaannya dipakai oleh beberapa penulis yang tak dikenal sebagai latar belakang untuk membicarakan masalah penderitaan. Kita pun tidak tahu kapan kitab itu ditulis. Minat terhadap hikmat Allah sudah ada sejak zaman Salomo, dan kitab ini mungkin ditulis pada zaman pemerintahannya.

POKOK PERMASALAHAN
Kitab ini menyangkut suatu pertanyaan abadi yaitu "Mengapa orang yang tak berdosa harus menderita?" Ayub adalah seorang yang baik yang tiba-tiba kehilangan segalanya. Seperti banyak dari penderitaan kita, rasanya hal ini tidak adil. Jawaban baku teman-temannya -- bahwa Allah menghakimi orang yang jahat, dan oleh karenanya pasti Ayub telah melakukan kejahatan -- sama sekali tidak cocok. Mereka mengatakannya dengan berbagai cara. Elifas sopan dan sedikit berbau mistik. Bildad, seorang tradisionalis, mengutarakannya berdasarkan pendapat yang sudah lama dikenal, sementara Zofar adalah pembantah Allah yang kurang ajar dan kasar. Ketiga mereka pada akhirnya kehilangan kesabaran terhadap Ayub. Sesungguhnya, pada percakapan ketiga, Bildad hanya berbicara sedikit sekali, sementara Zofar menolak untuk berbicara lagi. Ayub berdebat dengan kedua orang itu dan dengan Allah; dan dengan demikian ia mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang hanya dapat dijawab dalam Perjanjian Baru. Oleh karena Elihu masih muda, ia tidak dihargai oleh yang lain. Argumentasinya penuh dengan keyakinan orang muda, tetapi juga agak kacau dan tidak matang. Percakapan dengan Elihu mungkin baru belakangan ditambahkan pada kitab itu.

Pesan

1. Dilucuti sampai bergantung sepenuhnya pada iman
o Ayub adalah contoh seorang yang bergantung kepada Allah waktu segalanya berjalan dengan baik dan yang terus percaya kepada-Nya pada waktu mengalami kesusahan. Ayu 1:1,20-22; 2:10
o Ia mungkin menganggap kerugiannya sebagai hukuman Allah, namun demikian ia telah melakukan segalanya dengan tulus untuk melayani Allah. Allah seakan-akan telah meninggalkan dia. Ayu 12:4; 13:19; 16:15-17; 23:10-12; 27:2-6
o Tuduhan-tuduhan yang dilancarkan oleh kawan-kawannya dan tentangan dari istrinya membuat dia sungguh-sungguh seorang diri. Ayu 2:9; 19:13-20

2. Penghibur yang tidak berguna
o Kawan-kawan Ayub sama sekali tidak memberikan pertolongan. Lebih baik jika mereka tidak mengatakan apa-apa. Ayu 13:4,5; 16:2-3; 19:1-3
o Pendapat mereka yang utama, yaitu bahwa Allah memberkati orang saleh dan menghukum orang jahat, secara umum memang benar. Tetapi, tidaklah benar untuk menerapkan pendapat itu tanpa melihat kualitas kehidupan secara menyeluruh. Pendapat itu tidak memberikan jawaban mengapa orang yang tak berdosa kadangkala menderita, sedangkan orang yang tidak saleh terhindar dari malapetaka. Ayu 4:7; 5:19-26; 8:5-7,20:22; 11:13-20
o Mereka mengambil kesimpulan bahwa penderitaan yang diderita oleh Ayub tentunya merupakan penghakiman Allah atas dosa-dosanya. Sanggahan Ayub bahwa ia sungguh-sungguh tidak berdosa hanya membuat mereka bertambah marah. Ayu 22:1-30

3. Penderitaan sebagai didikan
Pendapat Elihu bahwa penderitaan dapat merupakan cara Allah mengajar kita, perlu diperbincangkan lebih lanjut. Tetapi oleh karena baik Ayub maupun Allah tidak memberi tanggapan pada Elihu, maka ini berarti bahwa hal itu tidak berlaku di sini. Ayu 5:17,18; 33:14-30; 36:5-16

4. Kecerobohan Ayub
o Ayub terdorong untuk mengatakan banyak hal secara gegabah, karena kekerasan kawan-kawannya yang kurang simpatik. Ia sungguh-sungguh tersesat ketika menantang Allah dan memperdebatkan masalahnya dengan Dia. Ia seakan-akan menyatakan bahwa ia lebih tahu daripada Allah. Ayu 7:11-21; 9:14-35; 13:3,15-28; 23:2-7; 31:35-37
o Seperti kawan-kawannya, Ayub hanya dapat berpikir dalam hubungannya dengan kehidupan ini saja. Namun demikian, permohonannya akan keadilan sebenarnya mulai menggapai masalah di balik kematian dan mengharapkan keadilan dalam kehidupan selanjutnya. Ayu 10:20-22; 14:7-22; 17:13-16; 19:23-27.

5. Jawaban Allah
Allah tidak secara terang-terangan menjelaskan kepada Ayub mengapa ia menderita seperti yang dialaminya. Sebaliknya Dia menunjukkan secara sekilas kebesaran-Nya dan kebijakan-Nya yang tanpa batas, yang terlihat terutama dalam keajaiban ciptaan-Nya. Jika Ayub tidak dapat mengerti rahasia yang paling sederhana, bagaimana mungkin ia mengerti akan rencana Allah dalam kehidupannya? Ayu 38:1-42:6

Penerapan

1. Penderitaan dialami oleh semua orang
Setiap orang yang hidup dalam dunia yang sudah jatuh ke dalam dosa ini tidak akan luput dari penderitaan. Kita tidak dapat berharap untuk menjalani kehidupan tanpa mengalami kesakitan atau kesusahan hanya karena kita umat Allah.

2. Jangan mengaburkan kebenaran
Biasanya Allah memberkati dan melimpahi mereka yang mengasihi Dia. Allah juga menghakimi orang yang jahat. Tetapi, tidak selalu terjadi demikian dalam kehidupan ini. Sama sekali tidak benar dan kejam, mengatakan bahwa jika seseorang menderita, maka hal itu pasti disebabkan oleh dosa-dosanya.

3. Apa yang terjadi di balik segala peristiwa
Kita tidak tahu apa yang sedang terjadi dalam dunia rohani yang mempengaruhi keadaan kita di dunia ini. Apa yang kita derita mungkin merupakan gambaran peperangan rohani yang sedang terjadi "di surga".

4. Krisis dan pertumbuhan
Pada saat kita tidak tahu lagi apa yang dapat kita lakukan selain bergantung kepada Allah yang tahu apa yang dilakukan-Nya, maka iman kita menjadi sungguh-sungguh iman yang hidup. Allah kadang-kadang mengambil semua perkara yang kita andalkan, sehingga kita betul-betul bertumpu pada-Nya.

5. Terlalu besar bagi kita
Walaupun kita kadang-kadang dapat melihat rencana Allah dalam penderitaan kita, jalan-jalan-Nya selalu lebih tinggi daripada pengertian kita, sehingga rencana-Nya yang sempurna selalu berada di luar jangkauan pengertian kita. Banyak penjelasan kita hanya melulu kata-kata. Pada saat-saat seperti itu akan lebih baik bila kita diam saja dan menggantungkan diri sepenuhnya kepada Allah.

Tema-tema Kunci

1. Sifat-sifat Allah dan pekerjaan-Nya
Allah berdaulat. Bahkan iblis pun tidak dapat berbuat apa-apa tanpa izin-Nya. Baik Ayub maupun kawan-kawannya sadar akan hal ini dan akan kenyataan bahwa Allah menciptakan dunia ini serta memeliharanya. Kitab ini penuh berisi kebesaran dan kearifan Allah. Lihat Ayu 5:8-16; 9:2-13; 11:7-9; 12:10,13-25; 25:2-6; 26:5-14; 34:10-15; 35:10,11; 36:22-33; 37:1-24; 38:1-39:30; 40:8-41:34.

2. Kelemahan manusia
Kisah Ayub mengilustrasikan kelemahan kita, ketidaktahuan, dosa, dan singkatnya hidup kita. Permohonan Ayub akan keadilan sungguh-sungguh menuntut suatu kehidupan yang melampaui kehidupan saat ini, tempat Allah dapat menghukum yang jahat dan meluruskan yang salah dari dunia ini. Lihat Ayu 4:17-21; 5:7; 7:1-10; 9:2,25,26; 14:1,2,4,7-12; 15:14-16; 25:4-6.

3. Kebijaksanaan
Kebijaksanaan Allah, yaitu pikiran Allah, kepandaian dan rencana-Nya, digambarkan kepada kita sebagai hal yang benar-benar di luar jangkauan kita (Ayu 28:1-28). Jika kita diberi sedikit pengertian tentang rahasia-rahasia ini, hal ini bukan oleh karena kepandaian kita. Hanya pada saat kita berserah kepada-Nya kita dapat mengerti sedikit tentang jalan-jalan-Nya. Pikirkanlah pengertian yang terkandung dalam Yesaya 55:8 dan 1Ko 1:18-31.

4. Saling menghibur
Kawan-kawan Ayub memberi kita suatu contoh yang baik tentang apa yang tidak boleh kita lakukan! Banyak yang mereka katakan itu benar, tetapi tidak ada hubungannya dengan masalah Ayub dan menyakitkan. Perhatikan juga bagaimana Paulus mengajar kita mengenai saling menghormati. Pelajaran apa yang secara tak langsung ingin dikatakan tentang bagaimana kita harus memakai pengalaman hidup kita (2Ko 1:3-8)?

5. Ayub dan Perjanjian Baru
Walaupun Ayub hanya disebut sekali saja dalam Perjanjian Baru (Yak 5:11), pertanyaan-pertanyaan yang diajukannya dapat lebih jelas dimengerti jika dilihat dari sudut pandang seorang Kristen. Sebagai contoh lihat Ayub 9:33, 1Ti 2:5; Ayu 14:14, Yoh 11:25; Ayu 16:19;; Ibr 9:24; Ayu 19:25; Ibr 7:25; Ayu 23:3; Yoh 14:6.

Garis Besar Intisari: Ayub (Pendahuluan Kitab) [1] MENGAPA SEMUA ITU TERJADI Ayu 1:1-3:26 Ayu 1:1-2:10Iblis mencobai Ayub Ayu 2:11-13Kawan-kawannya datang Ayu 3:1-26Ayub bertanya "Mengapa?"

[1] MENGAPA SEMUA ITU TERJADI Ayu 1:1-3:26

Ayu 1:1-2:10Iblis mencobai Ayub
Ayu 2:11-13Kawan-kawannya datang
Ayu 3:1-26Ayub bertanya "Mengapa?"

[2] PERDEBATAN PERTAMA Ayu 4:1-14:22

Ayu 4:1-5:27Elifas menyatakan pendapatnya
Ayu 6:1-7:21Ayub menyesali nasibnya
Ayu 8:1-22Bildad membela tradisi
Ayu 9:1-10:22Ayub mengalami kegetiran
Ayu 11:1-20Zofar membela Allah
Ayu 12:1-14:22Ayub memprotes ketidakberdosaannya

[3] PERDEBATAN KEDUA Ayu 15:1-21:34

Ayu 15:1-35Elifas mengatakan ia lebih tahu
Ayu 16:1-17:16Ayub merasa putus asa
Ayu 18:1-21Bildad mengulangi pendapatnya
Ayu 19:1-29Ayub memohon pertolongan
Ayu 20:1-29Zofar setuju dengan pendapat kawan-kawannya
Ayu 21:1-34Ayub menentang mereka

[4] PERDEBATAN KETIGA Ayu 22:1-31:40

Ayu 22:1-30Elifas melontarkan tuduhan kepada Ayub
Ayu 23:1-24:25Ayub merindukan keadilan
Ayu 25:1-6Bildad kesal
Ayu 26:1-27:23Ayub setuju dan tidak setuju
Ayu 28:1-28Pujian kearifan
Ayu 29:1-31:40Ayub mengambil kesimpulan

[5] ELIHU BERBICARA Ayu 32:1-37:24

Ayu 32:1-22Elihu frustrasi
Ayu 33:1-33Penderitaan merupakan didikan
Ayu 34:1-35:16Allah tidak dapat berbuat salah
Ayu 36:1-37:24Allah tahu apa yang dilakukan-Nya

[6] ALLAH MEMBERI JAWABAN KEPADA AYUB Ayu 38:1-42:6

[7] BAGAIMANA SEMUA ITU BERAKHIR Ayu 42:7-17

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #27: Arahkan mouse pada tautan ayat untuk menampilkan teks ayat dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.52 detik
dipersembahkan oleh YLSA